Cara Memperbanyak Caladium dan Tanaman Talas Lainnya

Tanaman Caladium yang beraneka warna tengah banyak dicari untuk menghiasi pekarangan maupun sudut rumah. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli tanaman hias baru. Anda bisa dengan mudah memperbanyak tanaman Caladium.

Caladium atau dikenal dengan keladi merupakan tanaman yang tergabung dalam keluarga talas atau famili Araceae. Caladium yang berasal dari Amerika Utara dan Amerika Selatan ini banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

Cara Memperbanyak Caladium dan Tanaman Talas Lainnya

Hingga kini, terdapat permainan slot online lebih dari 1.000 kultivar atau hasil silang tanaman Caladium. Beberapa yang terkenal adalah Caladium Ace of Heart dengan corak hati di tengah daun dan Caladium candidum yang berwarna putih.

Peneliti tanaman Araceae dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yuzammi mengungkapkan terdapat empat cara mudah memperbanyak tanaman yang berasal dari umbi atau keluarga talas itu.

Berikut 4 cara mudah memperbanyak tanaman Caladium.

1. Dengan umbi

Beberapa jenis keluarga talas dapat diperbanyak dengan memanfaatkan umbinya seperti pada jenis bunga bangkai atau Amorphophallus.

Caranya dapat dilakukan dengan memisahkan umbi samping atau memecah umbi menjadi beberapa bagian, lalu langsung ditanam.

2. Dengan biji

Biji yang digunakan adalah biji pada buah yang sudah matang secara biologis yakni yang berwarna merah atau oranye.

“Buah dikupas dan pisahkan antara daging buah dan biji, kemudian cuci bersih dan diangin-anginkan, sampai kering. Lalu tanam pada media pasir,” tutur Yuzammi.

3. Dengan rhizome atau rimpang

Cara yang paling populer untuk memperbanyak Caladium adalah dengan memanfaatkan rimpang.

Potong rimpang sekitar 5 cm. Pastikan terlihat calon akar, lalu tanam pada media campuran tanah dan kompos.

“Media harus poros,” ujar Yuzammi.

4. Dengan stek

Stek juga dapat dilakukan untuk memperbanyak keladi. Stek dapat dilakukan dengan cara memotong bagian batang kira-kira 10-15 cm. Kemudian tanam pada media pasir atau media tanam lainnya.

“Stek dapat dilakukan pada jenis-jenis tanaman Aglaonema dan jenis-jenis tanaman merambat seperti Monstera, Rhaphidophora, dan Scindapsus,” kata Yuzammi.

Pilihlah metode yang tepat dan sesuai dengan karakteristik tanaman talas untuk memperbanyak tanaman dan daun yang bermekaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WordPress | Theme Designed by: axis Bank bca Bank bni Bank bri Bank btn Bank cimbniaga Bank citibank Bank danamon Bank Indonesia Bank mandiri Bank ocbc bank Panin Bank syaria hmandiri dana google gopay indihome kaskus kominfo linkaja.id maybank ovo telkom telkomsel WA